Indeks Pengelolaan Kinerja dan Risiko Organisasi

Dialog Kinerja Organisasi (DKO) DJPPR dan Sekretariat Periode Triwulan II Tahun 2021

Jakarta, 23/07/2021 Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menyelenggarakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Kemenkeu-One Periode Triwulan II Tahun 2021 sekaligus Rapat Kinerja Pimpinan (Rakerpim) secara virtual dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi atas kinerja organisasi di lingkungan Kementerian Keuangan. DJPPR sebagai salah satu organisasi unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan secara rutin melaksanakan DKO secara berkala (triwulanan). DKO DJPPR Triwulan II Tahun 2021 dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR), Luky Alfirman, Pejabat Eselon II, Eselon III dan IV unit teknis terkait beserta pengelola kinerja dan risiko di lingkungan DJPPR.

DKO dilakukan sebagai salah satu media kontrol dan evaluasi terhadap pelaksanaaan kinerja DJPPR. Selain itu DKO juga merupakan sarana komunikasi formal antara pimpinan dengan pejabat dan pegawai pada unit kerjanya untuk membahas pencapaian sasaran strategis, kinerja, risiko serta rencana aksi organisasi (action plan) yang akan dilaksanakan di semester II Tahun 2021 secara terstruktur (by design).

Dalam DKO Triwulan II ini disampaikan beberapa highlight kegiatan yang telah dilakukan DJPPR selama periode Triwulan II yang mendukung pencapaian kinerja, baik IKU, Inisiatif Strategis maupun charter. Sampai dengan akhir triwulan II tahun 2021 Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 110,69. Terjadi peningkatan nilai NKO dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Selain membahas capaian kinerja dan risiko DJPPR, dalam DKO ini juga dilakukan pembahasan usulan penyesuaian IKU maupun Inisiatif Strategis Kemenkeu-One DJPPR tahun 2021. Dirjen PPR menyampaikan bahwa dalam kesempatan untuk melakukan penyesuaian IKU dan IS, diharapkan DJPPR bukan sekedar mengejar status IKU “Hijau”, namun harus disertai latar belakang yang justified, dapat dipertanggungjawabkan, dan memiliki dasar pertimbangan dalam pemilihan perubahan indikator tersebut.

Direktur Jenderal mengapresiasi pencapaian IKU DJPPR pada Triwulan II Tahun 2021 meskipun pada Triwulan II masih dihadapkan pada kondisi ketidakpastian di tengah pandemi Covid-19. Dalam kondisi yang extraordinary, maka dibutuhkan adanya fleksibilitas terkait dengan kinerja.

 

      

Sementara itu, pada level Kemenkeu-Two Sekretariat Direktorat Jenderal PPR (Setditjen PPR), DKO dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Sesditjen PPR), Iyan Rubiyanto, beserta seluruh jajaran Pejabat Eselon III, Eselon IV serta pengelola kinerja dan risiko di lingkungan Setditjen PPR.

Sesditjen menyampaikan apresiasi pencapaian kinerja Setditjen PPR pada periode triwulan II 2021, seluruh IKU dan risiko masih dalam kendali untuk dapat dicapai sesuai dengan target. Namun demikian perlu menjadi perhatian untuk seluruh unit eselon III di lingkungan Setditjen untuk dapat meningkatkan kualitas kinerja anggarannya dari sisi penyerapan maupun konsistensi RPD agar realisasi IKU pada akhir tahun dapat mencapai target.

Selain itu Sesditjen menyampaikan perlunya apresiasi terhadap kinerja para jabatan fungsional, dengan mencantumkan kinerjanya sebagai IKU maupun Inisiatif Strategis Kemenkeu-Two Sekretariat.

 

Posted by on Jul 30,2021 12:56:24