Bangun Ruas Tol Binjai – Pangkalan Brandan, Pemerintah dan Hutama Karya Siap Tingkatkan Konektivitas Sumatera

Medan, 22/07/2022 -  Untuk mendukung peningkatan aktivitas ekonomi dan pariwisata di kawasan Sumatera, Pemerintah terus berupaya untuk menggiatkan konektivitas infrastruktur, khususnya jaringan jalan tol. PT Hutama Karya yang ditugaskan Pemerintah untuk membangun jalan tol Trans Sumatra (JTTS) telah menyelesaikan pembangunan atas 5 ruas JTTS dan beberapa seksi dari ruas lainnya. Pemberian jaminan pemerintah dari Kemenkeu turut berperan dalam penyelesaian 5 ruas yang beroperasi tersebut sesuai target.

Khususnya di wilayah Sumatera Utara, beroperasinya ruas Medan-Binjai mampu memperpendek waktu tempuh perjalanan dari kota Medan menuju Binjai dan sebaliknya, dari waktu normal selama 1 jam perjalanan menjadi hanya 15-20 menit saja. Ruas Medan-Binjai yang terhubung dengan ruas tol yang sudah ada sebelumnya, salah satunya Belawan Medan Morawa (Belmera) yang dihubungkan simpang Tanjung Mulia, telah meningkatkan konektivitas kota Medan dengan kota-kota penyangganya semakin meningkat.

Masyarakat sekitar merasakan manfaatnya dengan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) pada triwulan II 2022 diperkirakan mencapai 24.000 kendaraan per hari. Pergerakan barang dan mobilisasi masyarakat di sekitar kota Medan yang semakin cepat dan mudah ini tentunya mampu mendorong perekonomian di Sumatera Utara.

PT Hutama Karya saat ini sedang melanjutkan pembangunan untuk ruas tol Binjai – Pangkalan Brandan, dimana Seksi 1 Binjai – Stabat telah selesai dan beroperasi. Sedangkan Seksi 2 Stabat – Tanjung Pura dan Seksi 3 Tanjung Pura – Pangkalan Brandan masih dalam proses konstruksi, dengan target selesai masing-masing di tahun 2022 dan 2023. Dari hasil monitoring dan koordinasi dengan PT Hutama Karya, pembangunan Seksi 2 dan 3 dihadapkan pada tantangan struktur tanah lunak dan berair di KM 41-47 serta adanya bekas sumur pertambangan minyak bumi di lintasan tol KM 51-54. PT Hutama Karya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pembangunan Seksi 2 dan 3 dapat selesai sesuai target.

Posted by DJPPR5 on Jul 22,2022 17:29:30