Dibiayai oleh SBSN, Wapres Resmikan Laboratorium Pusat Riset Teknologi Pangan BRIN

Jakarta, 25 April 2022 -  Pada Jumat (22/04/2022) Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin meresmikan Laboratorium Rujukan Riset Halal Indonesia di Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Proyek Infrastruktur Fasilitas Laboratorium Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan merupakan fasilitas pengolahan pangan tradisional terstandar current Good Manufacturing Practices (c-GMP) yang pembangunannya didukung oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020-2021 dengan alokasi anggaran sebesar Rp145 Miliar.

Dalam kegiatan tersebut, Wapres menyampaikan betapa pentingnya berinvestasi pada riset dan pengembangan. Selain investasi dalam sarana dan prasarana, perhatian pada ketepatan hasil riset juga merupakan faktor penting yang harus dijadikan fokus. Sehingga, manfaatnya dapat dirasakan dan menjawab kebutuhan pasar.

“Yang tidak kalah penting, bagaimana memastikan kemanfaatan dan kesesuaian hasil riset dengan kebutuhan industri, sehingga riset yang dihasilkan dapat menjawab kebutuhan industri, sekaligus dapat dikembangkan dalam skala industri,” tegas Wapres K.H. Ma’ruf Amin

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, kehadiran fasilitas riset yang diresmikan hari ini pun menjadi strategis dalam membantu memastikan kesesuaian hasil riset tersebut.

“Kehadiran fasilitas riset halal dan laboratorium bertaraf internasional milik BRIN ini memberikan oasis harapan bagi kita bahwa BRIN bersama pemangku kepentingan lainnya akan terus memajukan riset dan inovasi di Indonesia,” ungkap Wapres.

Tujuan dari pembangunan proyek tersebut adalah menyediakan akses terbuka fasilitas cGMP dan pemberian peelatihan serta pendampingan untuk UKM pengolah makanan tradisional sehingga terjamin konsistensi mutu, keamanan, dan kehalalannya serta memiliki daya saing di pasar global.

Melalui kapasitas para ahli dan teknologinya, BRIN memberikan infrastruktur riset yang penting demi mendukung ekosistem syariah yang dikoordinasikan KNEKS dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagaimana visi bersama untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal terkemuka dunia.

Dalam acara peresmian tersebut juga turut hadir Gubernur D. I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono, Bupati Gunungkidul Sunaryanta, dan Kepala Balai Besar POM Yogyakarta Dewi Prawitasari.

Menutup sambutannya, Wapres berharap agar acara peresmian hari ini dapat memberikan motivasi serta inspirasi kepada generasi penerus bangsa untuk memilih profesi sebagai peneliti dan mengembangkan riset-riset yang ada menjadi lebih berkembang.

Posted by Andi Abdurrochim on Apr 25,2022 20:11:07