Investor Gathering 2021, Sinergi Memperkuat Pemulihan Ekonomi melalui Pembiayaan APBN menuju Konsolidasi Fiskal

Jakarta, 14/12/2021  –  Pada hari Senin (14/12/21) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menyelenggarakan kegiatan Investor Gathering tahun 2021 dengan tema “Sinergi Memperkuat Pemulihan Ekonomi melalui Pembiayaan APBN menuju Konsolidasi Fiskal” dan dilaksanakan secara virtual. 

Investor Gathering DJPPR tahun 2021 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh DJPPR sebagai forum diskusi dan diseminasi kebijakan strategi pembiayaan, khususnya melalui utang, untuk tahun yang akan datang.

Dalam opening remarks, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR), Luky Alfirman menyampaikan bahwa sinergi dan kerja sama oleh semua pihak baik pemerintah, otoritas, pelaku bisnis dan ekonom, investor, pihak swasta, dan seluruh lapisan masyarakat telah berhasil menjadi salah satu pendorong utama percepatan pemulihan ekonomi menuju konsolidasi fiskal di tahun 2023.

“Secara umum, Investors Gathering ini akan memberikan pemahaman kepada Bapak/Ibu dan pemangku kepentingan yang berhubungan dengan pembiayaan APBN yang terdiri dari Investor SBN, Kreditur LN dan DN, Midis SBN Ritel, Dealer Utama SUN dan SBSN, Anggota SUN Valas dan SBSN Valas, Kementerian/ Lembaga/ BUMN/ SMV/ Otoritas, Asosiasi, Investor Institusi Domestik, serta analis tentang bagaimana kebijakan strategi pembiayaan APBN tahun 2022”, jelas Dirjen PPR.

Investor Gathering dilaksankan dalam format semi talkshow dengan narasumber antara lain Dirjen PPR, Luky Alfirman, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Febrio Nathan Kacaribu, dan Chief Economist PT Bahana Investment Management, Budi Hikmat, serta dimoderatori oleh news anchor Zilvia Iskandar.

Dalam kegiatan ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati hadir menyampaikan keynote speech yang dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada Dealer Utama dengan kinerja terbaik dan Mitra Distribusi SBN Ritel dengan kinerja terbaik sebagai bentuk apresiasi Pemerintah atas kinerja institusi-institusi tersebut dalam pendalaman pasar dan penguatan penyediaan pembiayaan APBN. Penerima penghargaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Dealer Utama SUN dengan Kinerja Terbaik Tahun 2020:

  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
  • PT Bank Central Asia Tbk.
  • PT Bank Panin Tbk.
  • PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Dealer Utama SUN dengan Kinerja Terbaik di Pasar Perdana Tahun 2020:

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Dealer Utama SUN dengan Kinerja Terbaik di Pasar Sekunder Tahun 2020:

PT Bank Central Asia Tbk.

Mitra Distribusi SUN Ritel dengan Kinerja Terbaik Tahun 2020:

  • PT Bank Central Asia Tbk.
  • PT Bareksa Portal Investasi

Dealer Utama SBSN dengan Kinerja Terbaik Tahun 2020:

  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Bank Umum Konvensional
  • PT Bank Syariah Indonesia Tbk untuk kategori Bank Umum Syariah
  • PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk untuk kategori Perusahaan Efek

Mitra Distribusi SBSN Ritel dengan Kinerja Terbaik Tahun 2020:

  • PT Bank Central Asia, Tbk untuk Kategori Bank Umum Konvensional
  • PT Bank Syariah Indonesia Tbk untuk kategori Bank Umum Syariah
  • PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk untuk kategori Perusahaan Efek
  • PT Bareksa Portal Investasi untuk kategori Perusahaan Financial Technology

Menkeu berharap kerja sama dengan para mitra dalam mengelola pembiayaan dapat terus terjaga. 

“Tujuannya agar kami bisa bersama-sama menciptakan sinergi yang positif, sinergi yang efektif untuk mengawal pemulihan ekonomi Indonesia yang tetap akan diadakan pada potensi dinamika global yang tidak selalu mudah. Capaian yang sudah kita capai akan menjadi fondasi yang kuat bagi kita untuk mengawal pemulihan ekonomi nasional. Kita ciptakan kembali kesempatan kerja. Kita turunkan kembali kembali kemiskinan yang sempat meningkat, kita perbaiki kehidupan masyarakat, kita bangun produktivitas dan competitiveness,” kata Menkeu.

Posted by Andi Abdurrochim on Dec 15,2021 09:23:13