InFest Expo 2021: Wujud Nyata Solusi Edukasi Keuangan dan Investasi oleh Anak Muda Indonesia

Jakarta, 19 November 2021 – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR Kemenkeu) menyelenggarakan InFest Expo 2021 sebagai gelaran wujud nyata karya anak muda Indonesia dalam membangun ekosistem literasi keuangan melalui berbagai produk edukasi.

Mengusung tema “Anak Muda Dengan Kerja Nyata”, acara InFest EXPO 2021 diselenggarakan pada Jumat, 19 November 2021 secara hybrid dengan menghadirkan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Luky Alfirman, serta pasangan pegiat literasi keuangan dan podcaster Curhat Babu, Nucha Bachri dan Sheggario

“Penyelenggaraan InFest EXPO ingin menyerukan semangat kolaborasi, kebanggaan, dan kreativitas dari Rekan Muda DJPPR dan Makers dalam menjawab kebutuhan inovasi produk edukasi keuangan dan literasi di Indonesia. Kebanggaan Makers menjadi bagian dari ekosistem solusi, sekaligus kebanggaan publik dalam menggunakan produk edukasi buatan anak muda Indonesia”, jelas Dirjen PPR.

InFest EXPO 2021 menghadirkan 9 wujud karya besutan anak muda Indonesia untuk mendukung proses literasi keuangan dan APBN ke seluruh penjuru Indonesia. 9 karya terdiri atas kategori buku, permainan, dan kombinasi, dengan 3 best product terpilih di antaranya product Hamu dan Biji Bunga Matahari karya dari Nurhuda & Winda Intan Sari, Fintar karya dari Stacia Janice dan Nadya Aulia, dan Fintastic karya dari Reynaldi Elica Kenrick, Aidha Nurul Aulia dan Cria Wihapsari.

9 karya tersebut merupakan hasil dari ide produk edukasi yang lolos seleksi dari 56 ide proposal dan telah melalui proses inkubasi pada InFest Inkubasi 2021. Selama sebulan penuh, para anak muda tersebut berproses mengimplementasikan ide didampingi langsung oleh para mentor yang terdiri dari Andhika Diskartes, Windy Ariestanty dan Albertus Kurniadi serta Dirjen PPR yang bertindak sebagai Super Mentor, hingga siap mendukung proses literasi keuangan dan APBN ke seluruh penjuru Indonesia.

“Sebanyak 56 orang adalah pemenang. Karena anda semua adalah pemilik masa depan, kami ibu bapak di sini tetap membutuhkan anda semua para makers untuk menejermahkan dengan baik literasi keuangan di Indonesia”, jelas Wamenkeu.

InFest Inkubasi 2021 merupakan wadah kolaborasi dengan para pemuda dalam mewujudkan ekosistem solusi edukasi keuangan dan investasi di Indonesia. DJPPR mengambil peran penuh sebagai rumah inkubasi dalam memfasilitasi semangat anak muda untuk berkreasi dan mewujudkan ide produk edukasi keuangan dan investasi. Produk edukasi tersebut merupakan bagian dari strategi creative financing sekaligus motor ekosistem solusi edukasi keuangan dan investasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Di samping product demo, pada InFest EXPO ini juga sekaligus diadakan penyerahan medali dan penghargaan kepada 3 best product dan 6 product finalis InFest Inkubasi 2021.

Besar sekiranya harapan pemerintah dan tentunya juga harapan masyarakat Indonesia atas terciptanya ekosistem solusi edukasi dan keuangan yang lebih baik melalui kehadiran beragam karya nyata dari anak muda Indonesia. Karenanya kita semua percaya bahwa Yang Muda adalah Yang Berkarya. #KaryaUntukKita

“We are Makers, We all Matter”

Posted by Andi Abdurrochim on Nov 20,2021 14:58:50