Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan Seri ST008, Pilihan Berharga Lestarikan Bumi Indonesia

Jakarta, 2/11/2021 – Indonesia menjadi penghasil emisi gas rumah kaca terbesar kedelapan di dunia, ini yang menyebabkan pemanasan global. Demi komitmen mengurangi bahaya tersebut, Indonesia berjanji mengurangi emisi karbonnya sampai 29% jika dilakukan sendiri (business as usual) atau 41% dengan bantuan pendanaan internasional. Pendanaan APBN menjadi sumber pendanaan utama untuk membiayai berbagai program pencegahan perubahan iklim.

Pada Senin (4/10/21), bertempat di Jakarta, Direktorat Jenderal Pegelolaan Pembiayaan dan Risiko menyelenggarakan Virtual Launching dan Pembukaan Masa Penawaran Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan Seri ST008 kepada investor individu Warga Negara Indonesia. Masa penawaran ST008 ini berlangsung mulai tanggal 1 – 17 November 2021.

Dalam inspirational talk-nya, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR), Luky Alfirman menyampaikan bahwa Kita dapat berkontribusi dalam pencegahan pemanasan global dengan cara berinvestasi di instrumen yang berfokus pada lingkungan dan pencegahan pemanasan global.

“Melalui ST008, Sahabat tidak hanya sekadar berinvestasi, tetapi juga berkontribusi mendukung Pemerintah Indonesia untuk membiayai sektor-sektor lingkungan. Hasil dari ST008 akan dialokasikan kepada peningkatan ketahanan  terhadap  perubahan  iklim,  pengelolaan  limbah,  dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan”, jelas Luky.

Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan seri ST008 merupakan penerbitan Green Sukuk Ritel ketiga sekaligus menunjukkan komitmen dan kontribusi Pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan Syariah dan juga dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

Melalui penerbitan Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan seri ST008, Pemerintah akan membiayai proyek-proyek ramah lingkungan, seperti transportasi berkelanjutan (sustainable transportation) dan ketahanan terhadap perubahan iklim (resilience to climate change), sebagaimana digariskan dalam Green Bond/Sukuk Framework.  

Upaya Pemerintah ini diharapkan dapat menurunkan emisi gas rumah kaca sebagai bagian dari komitmen untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang telah terjadi. Tujuan penerbitan ST008 secara online adalah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, menyediakan alternatif investasi bagi masyarakat, mendukung terwujudnya keuangan inklusif, serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2021. Melalui pembelian Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan seri ST008, Pemerintah memberi kesempatan kepada investor individu Warga Negara Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan nasional sekaligus berkontribusi dalam aksi mitigasi perubahan iklim.  

Proses pemesanan pembelian ST008 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran dan (iv) setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Masyarakat yang berminat membeli Green Sukuk Ritel – Sukuk Tabungan seri ST008 dapat menghubungi 30 (tiga puluh) Mitra Distribusi (Midis) yang telah ditunjuk oleh Pemerintah.

Posted by Andi Abdurrochim on Nov 02,2021 21:38:12