Soft Launching e-Register SEHATI: “Piloting dan Bimbingan Teknis e-Register pada Sistem Aplikasi Pengelolaan Hibah Terintegrasi (SEHATI)”

(Jakarta, 29/10/2021) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) telah menyelenggarakan Piloting dan Bimbingan Teknis Modul e-Register pada tanggal 26-28 Oktober 2021 secara daring dengan mengundang seluruh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb). Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris DJPb  dan Direktur Pelaksana Anggaran DJPB, DJPb.

Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Subdirektorat Akuntansi dan Pelaporan, Ilham Nugroho yang menyampaikan tujuan penyelenggaraan acara Soft Launching e-Register SEHATI adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan teknis kepada peserta terkait pengoperasian modul e-register aplikasi SEHATI sehingga dapat menjadi sarana pemberian layanan Kementerian Keuangan kepada Kementerian/Lembaga dalam rangka pengelolaan hibah.

Dalam penyampaian Opening Remarks, Direktur Evaluasi, Akuntansi, dan Setelmen (Direktur EAS), Endah Martiningrum menjelaskan bahwa Piloting dan Bimbingan Teknis e-Register SEHATI merupakan rangkaian menuju implementasi e-Register yang direncanakan akan diterapkan pada tahun 2022. Implementasi e-Register SEHATI tentunya harus dilakukan secara penuh, dan tidak dapat dilakukan secara bertahap, karena sistem register yang lama akan di take down dan digantikan dengan SEHATI. Oleh karena itu, untuk mendukung implementasi e-Register SEHATI diperlukan komitmen dan dukungan penuh dari seluruh CSO dan SPV di seluruh Kanwil DJPb.

Dalam penyampaian Keynote Speech, Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Didyk Choiroel menyampaikan Aplikasi SEHATI mempermudah K/L mendapatkan layanan pengadministrasian hibah karena dapat diakses secara fleksibel (any time, any where). SEHATI memiliki fitur dashboard informasi untuk pelaporan dan pengambilan keputusan untuk mendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas dan dapat digunakan sebagai salah satu tools untuk monitoring pengelolaan hibah secara komprehensif.

Dengan mengusung tagline “Tata Kelola Hibah Jadi Mudah, Cepat Dan Fleksibel”, aplikasi SEHATI terus mengembangkan aplikasinya dengan beberapa pengembangan. Pengembangan tersebut disampaikan melalui  video tutorial dan uji coba langsung cara penggunaan modul-modul  e-Register pada SEHATI sebagai berikut:

1. Penjelasan tentang pengisian field Dokumen Permohonan.
2. Penjelasan tentang pengisian field Naskah Perjanjian Hibah.
3. Penjelasan tentang fitur unggah untuk mengunggah dokumen kelengkapan register (dokumen perjanjian hibah, ringkasan hibah, SK Pendelegasian Kewenangan).
4. Penjelasan tentang pembagian tugas antara CSO dan SPV di Kanwil DJPb.
5. Penjelasan tentang fitur Addendum.
6. Penjelasan tentang fitur Pembatalan.

Di akhir kegiatan, Direktur EAS menyampaikan bahwa SEHATI menjadi Langkah awal simplifikasi layanan terkait hibah dan sekaligus mendukung inisiatif strategis Kementerian Keuangan untuk Office Automation dan Data-Driven Decision Making. Direktur EAS juga menyampaikan apresiasinya atas kontribusi dan antusiasme para peserta dan berharap masukan dari para peserta bermanfaat untuk pengembangan SEHATI kedepannya. Kemudian, Closing Remarks disampaikan oleh Direktur Pelaksana Anggaran, DJPB, Bapak Tri Budhianto. Beliau berharap bahwa Aplikasi SEHATI menjembatani DJPPR dan DJPb dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan hibah. Kedepannya, bimbingan teknis Aplikasi e-Register SEHATI sebagai bagian dari change management dapat terus dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan analitik dari para pegawai, untuk mendukung implementasi e-Register SEHATI dengan baik. Modul-modul dalam Aplikasi SEHATI diharapkan dapat meningkatkan transparansi CSO dan SPV baik di Kanwil DJPb, KPPN, maupun Direktorat EAS untuk melakukan analisis dan verifikasi data permohonan register hibah yang diajukan K/L. Beliau menyampaikan masukan terkait sinergi dalam rangka perluasan pemahaman substansi pelaksanaan hibah itu sendiri, dalam kerangka mengamankan tata kelola hibah. Pada akhirnya, kehadiran Aplikasi SEHATI bukan hanya meningkatkan kualitas layanan, namun juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan hibah. 

Dengan mengusung slogan “SEHATI untuk Negeri”, diharapkan dapat meningkatkan tata kelola pengelolaan hibah Pemerintahan yang baik (Good Governance) sehingga memberikan manfaat yang besar untuk pembangunan Negeri.

Posted by MUHAMMAD FARIS AZHAR on Oct 29,2021 16:08:45