Pemerintah Republik Indonesia Kirim Kendaraan dalam rangka Pemberian Hibah sebagai Dukungan Penyelenggaran Our Ocean Conference ke-7 di Palau

Jakarta, 25 Oktober 2021 – Pada Minggu (24/10/2021), bertempat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko secara simbolis melepas pengiriman kendaraan kepada Pemerintah Republik Palau yang kemudian dimuat ke kapal yang telah disiapkan oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal untuk diberangkatkan menuju Port National of Palau.

Pemerintah Republik Indonesia mengirimkan hibah berupa 10 mobil patroli polisi dan 4 mobil protokoler yang merupakan produk yang dihasilkan oleh industri dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan Our Ocean Conference ke-7 di Palau.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR), Luky Alfiman menyampaikan bahwa kerjasama ini adalah bagian dari program dan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan diplomasi tangan di atas yang saat ini menjadi salah satu bidang tugas Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI). Melalui kerja sama ini, diharapkan hubungan bilateral Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Palau bisa semakin baik dalam melakukan pembangunan di kawasan pasifik

“Pemerintah Indonesia juga memberikan hibah berupa pelatihan keprotokoleran yang akan dilakukan langsung oleh pemerintah Indonesia dengan memperkenalkan/menggunakan keahlian/pengalaman dan best practice Indonesia terkait keprotokoleran dalam penyelenggaraan kegiatan berskala Internasional. Pelatihan tersebut diharapkan dapat menyukseskan Our Ocean Conference ke-7 serta mendukung tugas Pemerintah Republik Palau khususnya dalam membantu tugas Kepolisian untuk memelihara keamanan dan kedamaian bagi masyarakat Palau”, tambah Dirjen PPR.

Our Ocean Conference merupakan kegiatan konferensi di bidang kelautan yang berupaya meningkatkan kesadaran akan konservasi dalam skema pembangunan berkelanjutan yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2014. Our Ocean Conference ke-7 semula direncanakan berlangsung pada 17 dan 18 Agustus 2020 di Palau. Namun demikian karena adanya pandemi Covid-19, Pemerintah Palau telah mengumumkan beberapa kali penundaan, hingga akhirnya Our Ocean Conference ke-7 direncanakan untuk dapat berlangsung secara tatap muka pada awal tahun 2022 di Koror, Palau.

Terwujudnya komitmen dukungan Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Republik Palau tidak lepas dari kerja sama antara Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri, dan industri otomotif dan perusahaan layanan terminal dalam negeri Indonesia yaitu PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), PT. Toyota Astra Motor (TAM), dan PT. Indonesia Kendaraan Terminal.

“Keterlibatan industri dalam negeri dalam pemberian hibah ini merupakan wujud nyata upaya pelaksanaan amanat UU APBN Tahun 2021, dimana pemberian hibah kepada Pemerintah Asing/Lembaga Asing harus memberikan manfaat ekonomi bagi Indonesia sendiri. Diharapkan dukungan ini juga dapat menjadi langkah awal penetrasi pasar produk-produk Indonesia ke Palau dan negara-negara lain di sekitarnya.” Jelasnya.

Acara ini juga dihadiri perwakilan Kementerian Luar Negeri, yakni: Direktur Kerja Sama Teknik dan Direktur Asia Tenggara; perwakilan Kementerian Keuangaan antara lain: Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiyaan dan Risiko, Direktur Pinjaman dan Hibah; Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN); Director Finance and External, Director Government Relation PT Toyota Astra Motor (TAM); Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal.

Posted by Andi Abdurrochim on Oct 25,2021 19:13:51