E-Register SEHATI: Tata Kelola Hibah Jadi Mudah, Cepat dan Fleksibel

Jakarta, 30/09/2021 – DJPPR menyelenggarakan Demo e-Register pada Sistem Aplikasi Pengelolaan Hibah Terintegrasi (SEHATI) dan Sosialisasi Current Issue Pengelolaan Hibah pada 29 September 2021 secara hybrid, yaitu  mengundang seluruh Kanwil DJPb, dan Ditjen Perbendaharaan melalui media daring, dan Kanwil DJPb DKI Jakarta dan 3 Kementerian Negara/Lembaga terpilih, yaitu Bappenas, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui media luring.

Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Subdirektorat Akuntansi dan Pelaporan, Ilham Nugroho yang menyampaikan tujuan penyelenggaraan acara Demo e-Register SEHATI adalah untuk memperkenalkan SEHATI, melakukan uji coba fitur e-Register oleh Kementerian Negara/Lembaga dan Kanwil DJPb DKI yang hadir secara luring, dan untuk mendapatkan feedback atas fitur e-Register sebelum diimplementasikan. SEHATI  akan diimplementasikan secara bertahap, dan fitur pertama yang akan diimplementasikan adalah e-Register.

Dalam penyampaian Keynote Speech, Direktur Evaluasi, Akuntansi, dan Setelmen, Endah Martiningrum menjelaskan bahwa SEHATI merupakan salah satu upaya Kementerian Keuangan dalam rangka simplifikasi dan digitalisasi pengelolaan hibah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, transparansi, dan akuntabilitas. SEHATI bertujuan untuk mendukung pelaksanaan proses bisnis pengelolaan hibah secara komprehensif dan terintegrasi, mulai dari pengajuan dan penerbitan, register hibah, monitoring proses administrasi dan pertanggungjawaban hibah, dan pelaksanaan proses e-konfirmasi penerimaan hibah.

“SEHATI merupakan sistem aplikasi terintegrasi yang menyatukan beberapa aplikasi dalam 1 portal besar untuk membentuk database dalam rangka mendukung Inisiatif Strategis Kementerian Keuangan terkait dengan office automation dan data driven decision making”, jelasnya.

Mengawali demo e-Register SEHATI, Direktur Evaluasi, Akuntansi, dan Setelmen, Endah Martiningrum memberikan pemaparan mengenai beberapa Current Issue Pengelolaan Hibah yang perlu dicermati, karena permasalahan hibah sangat beragam dan tidak dapat disamakan penyelesaiannya.

Demo e-Register SEHATI diawali dengan pemaparan mengenai pengenalan SEHATI oleh Kepala Subdirektorat Akuntansi dan Pelaporan, Ilham Nugroho yang menyampaikan mengenai tujuan dan latar belakang pembangunan SEHATI, serta keunggulan e-Register yang dapat dipantau secara cepat, dan real time. Selanjutnya, Demo e-Register dipaparkan oleh Tim Seksi APTKP IV Direktorat Evaluasi, Akuntansi, dan Setelmen dengan mempraktekkan entry data permohonan register, perubahan data register, pembatalan register, sampai dengan penerbitan register.

Agenda terakhir adalah uji coba entry data pada fitur e-Register oleh perwakilan dari kementerian Negara/Lembaga dan Kanwil DJPb DKI Jakarta yang hadir secara luring. Pada sesi ini, peserta diberikan contoh hibah untuk di-entry hingga menghasilkan output ringkasan hibah dan penerbitan nomor register. Uji coba tersebut bertujuan untuk memberikan feedback atas fitur e-Register yang dapat digunakan untuk perbaikan kedepan.

Dengan mengusung slogan “SEHATI untuk Negeri”, diharapkan dapat meningkatkan tata kelola pengelolaan hibah Pemerintahan yang baik (Good Governance) sehingga memberikan manfaat yang besar untuk pembangunan Negeri.

Posted by MUHAMMAD FARIS AZHAR on Oct 04,2021 08:23:41