Sukuk Negara Ritel Seri SR015, Pilihan Berharga untuk Bangkit Bersama

Jakarta, 21 Agustus 2021 – Pada Jumat (20/8/21), bertempat di Jakarta, Direktorat Jenderal Pegelolaan Pembiayaan dan Risiko menyelenggarakan Virtual Launching dan Pembukaan  Masa Penawaran Sukuk Ritel seri SR015 kepada investor individu Warga Negara Indonesia. Masa penawaran akan berlangsung mulai tanggal 20 Agustus - 15 September 2021.

Dalam keynote speech-nya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Iyan Rubiyanto, mewakili Direktur Jenderal, menyampaikan bahwa penerbitan SBN Ritel memiliki nilai strategis dalam upaya melakukan pendalaman pasar domestik. SBN Ritel merupakan instrumen inklusi keuangan (financial inclusion) yang efektif, yang dapat mendorong terwujudnya transformasi masyarakat dari saving-oriented society menuju investment-oriented society, sekaligus perluasan basis investor di pasar domestik.

“Dalam berinvestasi, masyarakat tidak hanya harus memperhatikan unsur 2R (Risk dan Return), tapi juga unsur 2L (Logic dan Legal). SBN Ritel yang diterbitkan oleh pemerintah memenuhi keempat unsur ini karena tidak hanya bebas risiko dan menguntungkan, namun juga investasi ini masuk akal dan resmi dijamin oleh pemerintah”, jelas Iyan.

SR015 memiliki tenor 3 tahun, dan menawarkan tingkat imbalan/kupon tetap sebesar 5,10% per tahun. Tujuan penerbitan SR015 adalah untuk menyediakan alternatif investasi yang aman, menguntungkan dan likuid bagi masyarakat, melakukan diversifikasi instrumen pembiayaan APBN, memperluas basis investor di pasar domestik, mendukung pengembangan pasar keuangan syariah, dan memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari saving-oriented society menuju investment-oriented society. Melalui penjualan secara online, diharapkan juga dapat mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel terutama untuk generasi milenial serta mendukung terwujudnya keuangan inklusif melalui instrumen investasi yang terjangkau dengan minimal pembelian Rp 1 juta.

“Melalui penerbitan SR015 ini, Pemerintah menyediakan alternatif investasi yang aman dan menguntungkan bagi warga negara Indonesia di tengah kondisi pandemi ini. Investasi Bapak Ibu sekalian menjadi bukti positif kepedulian kita dalam ikut andil mengisi kemerdekaan dan memulihkan Ekonomi Negeri secara mandiri, sehingga Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”,   tambah Iyan.

Proses pemesanan pembelian SR015 dilakukan secara online melalui 4 tahap yaitu (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran dan (iv) setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Masyarakat yang berminat membeli Sukuk Ritel seri SR015 dapat menghubungi/ mendatangi 30 (tiga puluh) Mitra DIstribusi (Midis) yang telah ditunjuk oleh Pemerintah

Posted by Andi Abdurrochim on Aug 23,2021 09:52:44